Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto
19 Feb 1930 – 1 Apr 2008

  • Prof. Dr. Ir Otto Soemarwoto adalah salah satu staf pengajar bidang lingkungan di FMIPA-Unpad. Beliau merupakan Guru Besar Universitas Padjadjaran yang dikenal sebagai seorang tokoh lingkungan hidup dan pembangunan (eco-development), ilmuwan terkemuka Indonesia yang diakui dunia internasional
  • Prestasi dan Kepakaran Prof. Dr. Ir Otto Soemarwoto, khususnya dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, diakui melalui beberapa penghargaan seperti penghargaan Global 500 dari UNEP (1982) ; Order of the Golden Ark dari Pemerintah Belanda (1985); sebagai anggota Scientific Committee on Problems of the Environment, International Council of Scientific Unions, Paris (1971-1975), Executive Board, International Union for the Conservation Nature and Natural Resources (IUCN), Swiss (1972-1976), Council of the International Institute for Environment and Development, London (1978-1988), Bintang Mahaputra Utama, Republik Indonesia (1981), Doctor Honoris Causa in Agricultural and Environmental Sciences, Wageningen Agricultural University, Wageningen, Netherlands (1993).
  • Beberpa buku, karya Prof. Dr. Ir Otto Soemarwoto antara lain, “Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan” (1983), “Analisis Dampak Lingkungan” (1988), “Indonesia Dalam Kancah Isu Lingkungan Global” (1992), “Atur Diri Sendiri: Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup” (2001), dan sebuah biografi berjudul “Semua Bisa Peduli: Belajar pada Otto dan Idjah Soemarwoto” (2007).
  • Bagi Universitas Padjadjaran, karya monumental Prof. Otto Soemarwoto, bersama Prof. Mochtar Kusumaatmadja dan Prof. Didi Atmadilaga merumuskan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Padjadjaran “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. PIP ini menjadi trade mark, inspirasi, dan arah bagi Universitas Padjadjaran dalam meneguhkan peran Universitas Padjadjaran dalam mendukung pembangunan nasional.
  • Atas dedikasi yang telah dilakukan oleh Prof. Otto Soemarwoto pada tahun 2017 Universitas Padjadjaran memberikan nama penghargaan – award “Otto Soemawoto Award” bagi peneliti di tingkat nasional dan internasional dibidang lingkungan hidup dan memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia, Jawa Barat dan Universitas Padjadjaran.