[FMIPA] Program Studi Sarjana Teknik Elektro Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Leles Kecamatan Leles Kabupaten Garut.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimotori oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro FMIPA Unpad Dr. Mohammad Taufik. Tujuan kegiatan ini adalah memberi wawasan dan pengetahuan praktis akan pemanfaatan energi baru terbarukan berupa energi tenaga surya sekaligus pemasangan Lampu PJU Tenaga Surya yang merupakan hasil penelitian Dr. Muhammad Taufik Kegiatan ini diselenggarakan di aula Desa Leles Kecamatan Leles Kabupaten Garut, Kamis, 12/05/2022.
Tampak hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Camat Leles Dudi Suryadi,S.STP.,M.Si Kasi PMD Siti Musaadah,S.Sos., Kasi Kesra Dony Januari.S.IP,M.Si., Kepala Desa Leles Tony Triswandi, perangkat Desa Leles, BPD, LPM, PKK, Pengurus Bumdes, dan masyarakat Desa Leles.
Kegiatan dimulai dengan Pelatihan Energi Baru Terbarukan dengan narasumber Ketua Program Studi Teknik Elektro FMIPA Unpad Dr.Muhammad Taofik dan Penjelasan tentang PJU Tenaga Surya dan dilanjutkan dengan Pemasang PJU Tenaga Surya.
Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Camat Leles mengatakan, “Saya selaku pribadi dan lembaga mengucapkan terima kasih kepada Teknik Elektro Unpad yang telah memberikan wawasan kepada aparat Desa Leles dan Masyarakat Desa Leles tentang pemanfaatan energi baru terbarukan serta pemberian bantuan Lampu PJU Tenaga Surya.
Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Pemasangan Lampu PJU Tenaga Surya ini sangat penting dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat serta menunjang aktivitas perekonomian dan mobilitas warga di malam hari.
Kepala Desa Leles Tony Triswandi mengatakan “Saya atas nama masyarakat desa Leles mengucapkan terima kasih terhadap Teknik Elektro Unpad yang telah memberikan wawasan dan pencerahan kepada warga kami tentang energi baru terbarukan dan juga terima kasih atas bantuan PJU Tenaga Surya ini yang sangat bermanfaat bagi warga kami dan pelatihan yang diberikan oleh Teknik Elektro ini sesuai dengan program desa kami yaitu Desa Wisata.
Sementara itu Ketua Program Studi Sarjana Teknik Elektro Dr. Mohammad Taufik mengatakan, “Tujuan kegiatan ini adalah silaturahmi, merintis kerjasama, dan memasang Lampu PJU Tenaga Surya. Lampu ini merupakan hasil penelitian yang memiliki komponen Power Combigan yang dapat mengontrol koneksi antara panel surya dengan lampu LED dan antara baterai dengan lampu LED sehingga baterai tidak mengalami overcharging dan over discharging sehingga dapat bertahan lebih lama. “
Lampu PJU Tenaga Surya ini dibuat secara terintegrasi, menggunakan sensor cahaya dan sensor ultrasonik. Dengan sensor surya maka lampu dapat menyala dan padam secara otomatis. Dengan sensor ultrasonik maka lampu dapat dioperasikan dengan menggunakan remote dan dapat mengatur intensitas lampu secara otomatis.
Dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Leles mengharapkan Teknik Elektro Unpad dapat mengembangkan pompa air submersible tenaga surya yang dapat memompa air dari sungai ke persawahan pada musim kemarau. (Sumber: agus)*