Visi
Pada tahun 2020, menjadi Prodi Teknik Informatika yang unggul di tingkat nasional serta diakui di tingkat regional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu, bermoral, dan profesional dalam bidang teknik informatika serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat bersaing secara nasional dan regional.
  2. Meningkatkan pemberdayaan kelompok penelitian/kelompok bidang minat (KBM) dalam pengembangan dan penerapan bidang sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer dan komunikasi data, sistem cerdas dan sistem grafika, dan ilmu komputasi dan metode numerik. yang bertaraf nasional dan regional, untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Meningkatkan penerapan hasil penelitian dasar dan terapan dalam bidang informatika untuk ikut serta dalam mendukung pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Pendidikan
Tujuan Pendidikan Program Studi Teknik Informatika Universitas Padjadjaran adalah menghasilkan lulusan yang mampu menyerap, mengaplikasikan dan mengembangkan Teknologi informasi dengan kompetensi utama Rekayasa Perangkat Lunak, meliputi 4 peminatan studi yaitu :

  1. Ilmu Komputasi dan Metode Numerik
  2. Sistem Informasi dan Sistem Multimedia
  3. Sistem Cerdas dan Sistem Grafika
  4. Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Kompetensi Lulusan
A. Kompetensi Utama

  1.  Mampu membuat program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman, melakukan proses re-rekayasa dan memelihara program.
  2. Mampu melakukan rekayasa perangkat lunak untuk organisasi/perusahaan termasuk pengolahan data ilmiah dan grafis.
  3. Mampu menganalisis kebutuhan informasi di perusahaan serta merancang dan mengintegrasikan sistem.
  4. Memiliki pengetahuan tentang pengembangan sistem, pemrograman dan implementasi sistem.
  5. Mampu merancang, mengelola, menambang dan mengamankan database dalam organisasi/perusahaan.
  6. Mampu menguji fungsi-fungsi perangkat lunak sesuai dengan kriteria sistem perusahaan.
  7. Mampu merancang situs web, menggunakan teknologi pengembangan web serta mengelola dan memelihara web.
  8. Memiliki pengetahuan tentang jaringan komputer dan komunikasi yang meliputi analisis, perancangan dan implementasi jaringan komputer dan komunikasi data.

B. Kompetensi Pendukung

  1. Mampu mengidentifikasi masalah, menentukan elemen-elemen data yang berkaitan sesuai dengan kebutuhan pemakai maupun organisasi/perusahaan.
  2. Mampu menerapkan konsep-konsep yang didasari oleh konsep-konsep logika informatika, algoritma dan struktur data dalam membuat dan memodifikasi program Komputer dan menguji program aplikasi sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
  3. Mampu berkomunikasi untuk melakukan kerjasama dengan pemakai dalam rangka pengembangan system maupun aplikasi serta mendokumentasikan kegiatan pengembangan sistem yang dilakukan.

C. Kompetensi Lainnya

  1. Mampu menggunakan perangkat lunak aplikasi untuk keperluan praktis sehari-hari.
  2. Mampu menjaga integritas diri dan mampu mengembangkan sikap professional dalam berkarya baik sebagai individu maupun kelompok dan sebagai seorang sarjana Informatika.
  3. Peka terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat terutama yang berhubungan dengan Teknik Informatika dengan menjunjung tinggi etika profesi Informatika/ilmu komputer.
  4. Mampu menjadi agen pemenuhan kebutuhan pasarakan intelektual ilmu komputer/informatika dan/atau menjadi agen penciptaan peluang kerjabaru.

Website: http://informatika.unpad.ac.id