Visi
Pada tahun 2020, menjadi Prodi Matematika yang unggul di tingkat nasional serta diakui di tingkat regional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu, bermoral, dan profesional dalam bidang matematika serta mampu  beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat bersaing secara nasional dan regional.
  2. Meningkatkan pemberdayaan kelompok penelitian dalam pengembangan dan penerapan matematika murni,  matematika terapan dengan konsentrasi utama pada bidang industri dan lingkungan, serta komputasi  matematika, yang bertaraf nasional dan regional, untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Meningkatkan penerapan hasil penelitian dasar dan terapan dalam bidang matematika untuk ikut serta dalam mendukung pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan
Tujuan Prodi S-1 Matematika FMIPA Unpad disusun berdasarkan tiga klasifikasi, yaitu bidang pendidikan, bidang penelitian, dan bidang pengabdian kepada masyarakat.

Kompetensi Lulusan

  1. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang matematika dan pemahaman yang mendalam dalam sub-bidang tertentu baik di bidang matematika murni, bidang matematika terapan ataupun bidang komputasi matematika.
  2. Dapat berpikir secara logis dan analitis dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan matematika, baik secara manual maupun menggunakan alat bantu komputer.
  3. Memiliki pengetahuan dasar yang cukup untuk studi lebih lanjut ataupun mengembangkan diri baik dalam bidang profesi yang ditekuni, bidang penelitian, dan bidang iptek.
  4. Mempunyai sikap dan etika yang baik (cageur, bageur, bener, pinter) berdasarkanketaqwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air.

Lulusan Peminatan Matematika Murni (Analisis dan Aljabar) memiliki:

  1. Kemampuan analisis dan aljabar dengan standar nasional dan internasional.
  2. Daya nalar yang tinggi dan mampu menerapkan kemampuan analisis dan aljabar dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika.

Lulusan Peminatan Matematika Terapan (Matematika Industri & Lingkungan dan Matematika Keuangan) memiliki:

  1. Kemampuan memodelkan sistem nyata, mencari solusi dan menginterpretasikannya,
    dengan menerapkan pengetahuan matematika yang sesuai.
  2. Kemampuan mengkomunikasikan model matematika secara ilmiah, baik lisan
    maupun tulisan.

Lulusan Peminatan Matematika Terapan (Matematika Industri & Lingkungan dan Matematika Keuangan) memiliki:

  1. Kemampuan memodelkan sistem nyata, mencari solusi dan menginterpretasikannya, dengan menerapkan pengetahuan matematika yang sesuai.
  2. Kemampuan mengkomunikasikan model matematika secara ilmiah, baik lisan
    maupun tulisan.

Website: http://math.unpad.ac.id