Visi
Terbentuknya lembaga pendidikan tinggi unggulan bertaraf regional/Asean pada tahun 2020 dan bertaraf internasional pada tahun 2025 yang peduli pada profesionalisme dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu kimia.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi kimia yang berkulitas sehingga menghasilkan lulusan sarjana yang integritas tinggi dengan landasan yang kuat dalam ilmu kimia dan aplikasinya, menguasai pekerjaan laboratorium, menghasilkan produk penelitian dan mempunyai kemampuan dalam komunikasi ilmiah yang mempu memenuhi masyarakat pengguna jasa lulusan kimia.
  • Melakukan penelitian ilmu kimia dan aplikasinya khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam serta lingkugnan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Pendidikan

  1. Mendidik mahasiswa sehingga dihasilkan lulusan sarjana kimia yang memiliki: a) Sikap perilaku yang benar, integritas dan motivasi yang tinggi serta bersikap terbuka, berprasangka untuk membuka jalan menuju kemampuan ilmu kimia dan aplikasinya. b) Penguasaan ilmu kimia dan aplikasinya secara umum serta trampil, cakap, bijaksana, dan tanggap terhadap masalah yang dihadapi masyarakat sehingga mampu memberikan penyelesaian. c) Keterampilan tinggi di laboratorium dan penggunaan komputer untuk pengolahan data eksperimen.
  2. Memfasilitasi pembinaan profesionalisme di bidang kimia, sehingga memberi dampak yang positif terhadap pengembangan profesionalisme kimiawan di Indonesia yang bekerja di perguruan tinggi, industri dan bidang-bidang lain yang terkait dengan ilmu kimia.
  3. Memberi kontribusi pengembangan pendidikan tinggi kimia di Indonesia yang deseminasinya melalui lulusan yang bekerja sebagai staf pengajar perguruan tinggi di Indonesia.
  4. Memberi kontribusi pengembangan ilmu kimia, melalui publikasi ilmiah, seminar dan paten (HaKI).

Kompetensi Lulusan

  1. Menguasai konsep teoretis struktur, sifat, dan perubahannya baik pada energy maupun kinetiknya, identifikasi, pemisahan, karakterisasi, transformasi, sintesis molekul sederhana dan terapannya.
  2. Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrument kimia yang umum serta analisis data dan informasi dari instrument tersebut.
  3. Menguasai prinsip dasar piranti lunak untuk analisis dan sintesis pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik (organik, biokimia, analitik, kimia fisik, atau anorganik).
  4. Mampu menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan hasil identifikasi, analisis, isolasi, transformasi dan sintesis bahank imia yang telah dilakukan.
  5. Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis mikro molekul melalui penerapan pengetahuan struktur, sifat, perubahan molekul baik energy maupun kinetikanya, metoda analisis dan sintesis pada bidang kimia spesifik, serta penerapan teknologi yang relevan.
  6. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternative solusi di bidang identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis bahan kimia yang tersedia dan menyajikan simpulan analisis untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Website: http://chemistry.unpad.ac.id