Visi
Menjadikan Program Studi S-1 Ilmu Aktuaria yang mampu bersaing ditingkat regional pada tahun 2025 dengan komitmen terhadap kemajuan dan aplikasi dari metode-metode inovatif dalam statistika dan Ilmu Aktuaria sehingga mendukung perkembangan sain, teknologi dan industri, lembaga keuangan, serta layanan profesionalisme.

Misi

  • Memperkuat dan mensitasikan ide-ide pengembangan program pendidikan dan riset dalam lingkup strategik di manajemen risiko, pengambilan keputusan, analisis bisnis, dan aktuaria sains.
  • Mengimplementasikan program pendidikan dan hasil riset Aktuaria dalam bidang bisnis asuransi, konsultan, serta pengambil keputusan secara Aktuaria untuk mendukung penerapan keilmuan dan kepakaran Aktuaria.

 

Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Sedangkan Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan asuransi untuk mengukur dan mengatur risiko serta ketidakpastian.

Adanya Pasar Bebas Asean akan memunculkan Komunitas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang berpotensi memunculkan persaingan tenaga kerja ditingkat negara-negara Asean. Terkait asuransi, hal tersebut merupakan ancaman masa depan yang harus dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan pemenuhan kebutuhan jumlah aktuaris yang dapat bersaing dengan aktuaris-aktuaris dari mancanegara. Fenomena tersebut dapat disikapi sebagai tantangan Indonesia dalam memberikan kontribusi tenaga aktuaris Indonesia untuk bisa berkiprah di regional dan internasional.

Pesatnya pertumbuhan industri Asuransi dan Manajemen Risiko di Indonesia mendorong kepada penyediaan tenaga kerja professional dengan keahlian khusus di bidang asuransi jiwa, asuransi umum, pendanaan pensiun, jaminan sosial, perbankan, dan manajemen risiko. Untuk menjawab tantangan pasar terhadap kebutuhan tenaga kerja di bidang aktuaria maka Program Studi S-1 Ilmu Aktuaria Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran resmi didirikan awal tahun 2018.

Keunggulan program studi Ilmu Aktuaria FMIPA Universitas Padjadjaran terletak pada kekuatan (1) pemahaman konsep-konsep dasar probabilitas, stokastik, teori risiko, (2) menguasai konsep dasar asuransi jiwa, asuransi umum, matematika keuangan, (3) kemampuan menerapkan dan menerjemahkan teori dan metode yang dipelajari dalam kasus real dari lembaga keuangan non perbankan (asuransi jiwa, pensiun, dan asuransi umum), serta lembaga keuangan perbankan secara mandiri yang diaplikasikan dalam lingkup strategik dibidang aktuaria, manajemen risiko, investasi, pengambilan keputusan, dan analisis bisnis. Selain itu, Program Studi ini mencetak lulusan dengan kemampuan yang handal dalam data processing dan programming serta kerjasama dan komunikasi sebagai peningkatan kemampuan soft skill.