Visi
Menjadi institusi akademik yang unggul di bidang Ilmu Biologi dan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi pengetahuan serta keterampilan yang handal dalam menginterkorelasikan Biologi hulu-hilir dalam kontek bio-manajemen khususnya konservasi sumberdaya hayati dan lingkungan hidup (SDH-LH), sehingga mampu bersaing pada taraf nasional dan internasional tahun 2025.

Misi
Secara umum misi Program Studi Magister Biologi adalah mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Secara khusus misi yang ingin dicapai :

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang Ilmu Biologi yang berkualitas, profesional, dan beretika.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas di bidang Ilmu Biologi, khususnya pengelolaan sumberdaya hayati dan lingkungan hidup.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan mengaplikasikan konsep-konsep Ilmu Bio-manajemen dalam menunjang pembangunan nasional.

Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan di Program Studi Magister Biologi FMIPA Unpad ini merupakan capaian yang diharapkan dari Visi dan Misi Program Studi Magister Biologi sekaligus menjadi bagian dari menterjemahkan Visi dan Misi Fakultas MIPA dan Universitas Padjadjaran, yaitu menghasilkan Magister Biologi yang mampu memahami dan menciptakan lulusan profesional di bidang pengelolaan sumberdaya hayati dan lingkungan hidup, baik di tingkat nasional maupun internasional, yaitu :

  1. Memiliki sikap perilaku yang benar, memiliki integritas, motivasi yang tinggi, dan bersikap terbuka, serta memiliki prakarsa untuk membuka jalan menuju kemajuan ilmu dan teknologi.
  2. Menguasai Ilmu Biologi dan metodologinya secara umum serta terampil, cakap, bijaksana, serta selalu tanggap terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan masalah yang dihadapi masyarakat, sehingga mampu memberikan penyelesaian.
  3. Memiliki keterampilan menulis makalah ilmiah yang benar serta berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Konsentrasi, Peminatan, Kelompok Bidang Kajian, Bidang Kelompok Keahlian

  1. Bidang Kelompok Keahlian Ekologi Konservasi
  2. Bidang Kelompok Keahlian Biologi Perkembangan
  3. Bidang Kelompok Keahlian Mikrobiologi dan Bioteknologi
  4. Konsentrasi Statistika Biomedis