Visi
“Menjadi Pusat Unggulan bidang Teknik Elektro dalam Penyelenggaraan Pendidikan dan Riset Kelas Dunia pada tahun 2025”.

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan Teknik Elektro dengan pendalaman teknologi devais dan desain dalam bidang Elektronika Industri dan Biomedika, Sistem Tenaga Listrik, dan Sistem Teknologi Komunikasi untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.
  • Menyelenggarakan Pendidikan Sarjana Teknik dan menghasilkan lulusan Sarjana Teknik yang mampu mengembangkan dirinya dan mampu kreatif dalam berkarya bagi pembangunan nasional, kesejahteraan masyarakat, dan pelestarian lingkungan.
  • Mengkaji pengembangan sumber daya teknologi yang inovatif untuk memajukan pendidikan Sarjana Teknik dalam memperoleh penemuan riset yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pendidikan, industri, dan bisnis.

Tujuan Pendidikan
Tujuan Umum

  1. Mengarahkan dan melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan metode terpusat mahasiswa (Student-centered Learning) sehingga mahasiswa mampu menyelesaikan berbagai masalah berbasis konsep teoritis sebaik berbasis riset terutama ditujukan untuk pemrosesan, penanganan, dan interpretasi data.
  2. Memperbaiki kinerja dan mengembangkan kemandirian meneliti untuk mengoptimalkan kontrol jaminan mutu dengan luaran berupa banyaknya publikasi ilmiah, produk skala riset dan skala industri di bidang Teknik yang sesuai dengan inovasi ilmiah dan kepentingan publik.

Tujuan Khusus
Dihasilkannya Lulusan Teknik Elektro yang :

  1. Kompeten di bidang pengkajian dan penerapan Teknik Elektro,
  2. Mampu berperan secara efektif sebagai anggota dan pemimpin dalam kelompokkelompok multi-disiplin,
  3. Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya setelah lulus pendidikan,
  4. Memiliki hardskill dan softskill yang tinggi.

Kompetensi Umum Lulusan

  1. Kemampuan hardskill, berupa perencanaan, perancangan, analisis dan pemecahan masalah, dan implementasi di bidang Teknik Elektro.
  2. Kemampuan softskill, berupa kemampuan berkomunikasi secara akademik dan profesional yang diberikan dalam berbagai bentuk kegiatan akademik, perkuliahan dan praktikum, kompetisi mahasiswa, kegiatan kemahasiswaan dan sejenisnya.
  3. Mampu menguasai teknologi kekinian terkait ilmu Teknik Elektro.
  4. Mampu bersikap dan berperilaku sesuai etika profesi.
  5. Mampu bekerja sebagai individu dan tim.
  6. Mampu bersaing dan beradaptasi baik dengan lingkungan profesional maupun masyarakat pada laju perkembangan teknologi secara kompetitif dengan dunia luar.

Kompetensi Khusus Lulusan

  1. Konsentrasi Elektronika Industri dan Biomedika, lulusan berkompetensi melakukan inovasi di bidang otomatik, kendali dan robotik, khususnya pada layanan teknologi pertanian dan kesehatan;
  2. Konsentrasi Sistem Tenaga Listrik, lulusan berkompetensi melakukan inovasi di bidang sistem tenaga listrik untuk mengelola energi listrik dengan efektif dan efisien;
  3. Konsentrasi Sistem Teknologi Komunikasi, lulusan memiliki kompetensi yang mampu melakukan inovasi di bidang optoelektronika dan fotonika pada sistem akusisi data.