Visi
Menjadi institusi akademik yang unggul di bidang biologi dengan menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang handal serta bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya hayati, sehingga mampu bersaing pada taraf nasional dan internasional pada tahun 2020.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan di bidang biologi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional, dan beretika.
  • Menyelenggarakan penelitian biologi yang berkualitas dalam pengelolaan sumber daya hayati.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi serta mengembangkan kearifan lokal yang dapat menunjang pembangunan nasional.

Tujuan
Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang handal serta bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya hayati:

  1. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan metodologi di bidang biologi
  2. Memiliki keterampilan, kecakapan, serta tanggap terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan masalah yang dihadapi masyarakat sehingga mampu berkontribusi positif dalam bidang pengelolaan sumber daya hayati.
  3. Memiliki sikap terbuka dan perilaku yang bertanggung jawab, motivasi yang tinggi, serta memiliki prakarsa untuk membuka jalan menuju kemajuan ilmu dan teknologi.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi ilmiah pada taraf nasional dan internasional.

Kompetensi Lulusan

  1. Menguasai prinsip-prinsip dan konsep biologi, sumber daya hayati, lingkungan hayati, dan pengelolaan sumber daya hayati (Kemampuan Pengetahuan)
  2. Menguasai prinsip-prinsip dan konsep aplikasi biologi serta mampu menerapkannya dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya. (Kemampuan Pengetahuan dan kemampuan kerja)
  3. Memiliki kemampuan eksplorasi potensi SDH dan Lingkungan serta mampu menyusun penelitian berdasarkan prosedural dan pendekatan biologi secara baik. yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan kebijakan pengelolaannya. (kemampuan kerja)
  4. Menguasai aplikasi software seta kemampuan dalam menganalisis informasi dan data sehingga mampu memberikan alternatif solusi permasalahan pengelolaan SDH dan Lingkungan yang tepat. (kemampuan kerja)
  5. Memiliki kreativitas dan inovasi berbasis bidang biologi sebagai alternatif solusi terhadap permasalahan sumber daya hayati dan lingkungan. (kemampuan manajerial)
  6. Memiliki sikap perilaku yang bertanggungjawab dan profesional serta beretika dalam konteks kehidupan, serta peka terhadap kondisi lingkungan dalam mengaplikasikan konsep dan teknologi bidang biologi dalam penyelesaian masalah pengelolaan SDH dan Lingkungan. (Kemampuan Tata Nilai)

Website: http://biologi.unpad.ac.id