[FMIPA] Fakultas MIPA Unpad bekerjasama dengan BEM mengadakan kegiatan Webinar Studi Lanjut Jepang, Sabtu (18/12/2021). Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya keinginan para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan student exchange dan studi lanjut ke beberapa perguruan tinggi di luar negeri, khususnya ke negara Jepang.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk lebih mengenalkan kepada para mahasiswa peluang dan kesempatan untuk student exchange atau studi lanjut ke Jepang melalui berbagai skema yang tersedia dan bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa.

Dalam webinar ini hadir Wakil Dekan I Fakultas MIPA, Yudhie Andriyana, M.Sc., Ph.D. memberikan sambutan. “Dengan pengalaman Pak Bibin akan memberikan motivasi yang kuat agar mahasiswa lanjut studi ke luar negeri, kultur orang Jepang, membagikan pengalaman kinerja dan etos kerja orang Jepang. Saat ini semua kegiatan mengarah ke internasionalisasi, termasuk mahasiswa. Mahasiswa harus menyediakan waktu untuk serius lanjut studi ke Jepang, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris,” kata Yudhie dalam sambutannya.

Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Ir, Bibin Bintang Adriana, M.Sc.Agr., Ph.D. yang merupakan Diaspora Indonesia sebagai Associate Professor di Graduate School of Science and Technology, Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang. Pemandu kegiatan ini adalah Dr. Mohamad Nurzaman, Manajer Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran.

Bibin Bintang Andriana, Ph.D. mengatakan alasan lanjut studi ke Jepang diantaranya Jepang merupakan negara maju, lulusan Jepang dipercaya keahliannya karena data yang dimiliki murni hasil kerja sendiri, adanya penawaran beasiswa, dan bisa sambil bekerja paruh waktu.

“Banyak alat-alat yang tidak dimiliki Indonesia sehingga kita bisa menggali kemampuan dan pengetahuan kita. Lanjut studi ke Jepang juga bisa menjadi batu loncatan untuk menjadi peneliti tingkat dunia. Negara Jepang juga merupakan negara yang frendly terhadap kaum muslim, kata Bibin.

Dalam kesempatan itu juga Bibin Bintang Andriana, Ph.D. membagikan pengalaman dan memberikan contoh beberapa orang Indonesia yang lanjut studi di Jepang, dan berkarir menjadi peneliti maupun dosen di berbagai negara.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi bentuk kerjasama yang sudah lama terjalin antara  Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran dan School of Biological and Environmental Science, Kwansei Gakuin University, Jepang. Keduanya sudah melakukan berbagai kerjasama melalui skema student exchange “Sakura Project” dan program Fast Track “Coordinated Bachelor’s-Master’s Degree Program”, dan sudah meluluskan beberapa mahasiswa pada program tersebut.

Laporan: ER Wulandari