Mengacu kepada tridharma perguruan tinggi, bahwa Universitas wajib melaksanakan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mipa Unpad Traininng Center (MTC Unpad) merupakan salah satu kontribusi dan langkah adaptif FMIPA Unpad dalam pelaksanaan transformasi tridarma perguruan tinggi untuk menyiapkan potensi SDM FMIPA Unpad agar mampu meningkatkan kompetensi dalam kehidupan bermasyarakat maupun industri. MTC Unpad bekerja sama dengan PT Diastika Biotekindo mengadakan pelatihan publik dengan judul “Deteksi Halal Pada Produk Olahan Secara Real Time PCR” pada Selasa-rabu, 21-22 Juni 2022 bertempat di Lab. Aplikasi Kimia dan Pelayanan FMIPA Unpad, Jatinangor, Sumedang. Dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Prof. Dr. Iman Permana Maksum,  Ir. Elisabeth Maria, dan  Safirah Mayaduhita.

Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari Labkesda Kab. Lahat, FK Unpad, FTIP Unpad, FMIPA Unpad. Prof. Dr. Iman P. Maksum menyatakan bahwa “Deteksi pangan halal khususnya babi dapat diidentifikasi menggunakan metode PCR berbasis DNA. Pengembangan metode ini dapat dimulai dengan desain primer yang digunakan agar dapat mendeteksi berbagai jenis babi yang ada. Selain itu metode ekstrasi untuk bahan olahan yang bersumber dari babi juga perlu dioptimasi agar hasil yang diperoleh handal dan valid”.

 

Hal ini seiring dengan sesi praktek pada pelathan yang didampingi oleh  Ir. Elisabeth Maria, dan  Safirah Mayaduhita bahwa penggunaan instrument realtime PCR berbasis DNA Babi merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan sebagai metode deteksi pangan halal. Hal ini karena penggunaannya relatif mudah dan hasilnya dapat diketahui secara realtime berupa jumlah copy DNA yang dihasilkan apabila terdapat cemaran non halal. Dengan metode ini kita dapat mengkuantifikasi cemaran non halal dari sampel pangan meskipun jumlahnya sedikit.

 

“Pelatihan publik berikutnya adalah Kalibrasi Dan Verifikasi Neraca Analitik pada 5-6 Juli 2022”, tutur Prof. Dikdik Kurnia, Ph.D selaku Kepala Lab. Aplikasi Kimia dan Pelayanan (LAKP).