Ikatan Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IKA FMIPA) Universitas Padjadjaran memiliki kepengurusan baru untuk masa bakti 2022-2026 yang dipimpin oleh Budi Cahyana, alumni Jurusan Statistik 1992. Budi Cahyana terpilih sebagai Ketua IKA FMIPA Unpad periode 2022 – 2026 dalam Musyawarah Besar IKA FMIPA Unpad pada 30 Juli 2022.

Pelantikan IKA FMIPA Unpad oleh Ketua Umum IKA Unpad, Irawati Hermawan ini, dilaksanakan pada Sabtu, (17/9/2022) di UTC Hotel Bandung,  Jl. Ir. H. Juanda No 4 Kota Bandung dan dihadiri oleh Dekan FMIPA UNPAD, Prof. Dr. Iman Rahayu, S.Si., M.Si., M.T..

 

Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan dalam sambutan pelantikannya mengajak IKA FMIPA untuk memperkuat jaringan alumni dan melibatkannya dalam program-program karena hal tersebut akan bermanfaat untuk kemajuan Unpad. Irawati juga menyampaikan kesiapan IKA Unpad untuk bermitra dengan civitas akademika FMIPA dalam rangka mewujudkan target Unpad menembus 500 besar kampus dunia.

“Kami siap untuk memfasilitasi hilirisasi hasil-hasil riset MIPA sebagai salah satu komponen untuk meningkatkan rating Unpad,” ujar Irawati.

 

Budi Cahyana, Ketua IKA FMIPA Unpad masa bakti 2022-2026,  menyampaikan sejumlah program

yang akan dijalankan pengurus IKA FMIPA dengan berbasis kepada Pola Ilmiah Pokok Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional yang merupakan ciri khas Unpad. Program-program kerja tersebut antara lain, Pengembangan Karir Alumni, Kemitraan Pemerintah, BUMN dan Kampus, Kerjasama Internasional, Kemitraan Industri dan Kampus, Komunikasi Publik, Pemuliaan Lingkungan Hidup, serta Kolaborasi Alumni Lintas Prodi.

“Alhamdulillah, rekan-rekan alumni FMIPA bersedia untuk turun gunung dengan bersedia menjadi pengurus Ikatan alumni, ungkap Budi.

Sementara itu, Dekan FMIPA Unpad,  Prof. Dr. Iman Rahayu, S.Si., M.Si. menyambut baik terbentuknya kepengurusan IKA FMIPA Unpad karena dapat mendukung target Unpad menjadi 500 besar peringkat perguruan tinggi dunia. Keberadaan IKA FMIPA juga selaras dengan salah satu indikator kinerja utama FMIPA, yaitu praktisi mengajar di kampus.

“Alumni dapat berbagi dengan menjadi dosen luar biasa sebagai bagian dari program praktisi mengajar di kampu ”, ucap Iman Rahayu.

Menurut Iman yang juga merupakan alumni Jurusan Kimia tahun 1989, IKA FMIPA diharapkan dapat berkolaborasi dengan Fakultas MIPA untuk mewujudkan  visi FMIPA Unpad menjadi fakultas unggul dalam pendidikan dan riset yang terekognisi internasional serta berdampak pada masyarakat.

(Bandung, 17 September 2022)