Sejumlah dosen dari 8 Departemen di lingkungan FMIPA Universitas Padjadjaran mengikuti kegiatan Coaching for research proposal dan Coaching for academic publication, Selasa (13/03). Kegiatan ini merupakan kerjasama Pusat Studi Material Science dan Engineering dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Dari pelaksananaan kegiatan ini diharapkan dapat  menunjang Indikator Kinerja Kunci (IKK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam meningkatkan jumlah  publikasi baik Nasional, Nasional terakreditasi maupun Jurnal Internasional terindeks serta dapat mendukung persiapan Dosen dalam pengajuan proposal Simlibtabmas 2019 dan Proposal Internal Unpad (HIU).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Prof. Dr.  Sudradjat,MS serta dihadiri oleh Wakil Dekan Dr. Iman Rahayu, MSi dan beberapa dosen dari Fakultas lain. Pemateri dari kegiatan dua sesi ini adalah Prof. Dr. Eng. Camellia Panatarani , M.Si. dan Prof. Dr. Eng. I Made Joni , M.Sc. Pada sesi pertama, Prof. Dr. Eng. Camellia Panatarani memaparkan mengenai informasi dan tatacara dalam pembuatan proposal baik itu untuk Proposal yang didanai oleh Kemenristek Dikti maupun Hibah Internal Unpad.

Dalam paparannya Prof Camelia mengatakan bahwa sebelum memulai riset dan pembuatan proposal sebaiknya ditentukan dahulu output atau publikasi yang akan ditargetkan. Prof Camelia juga memaparkan serta merinci ciri – ciri dari proposal yang gagal didanai atau ditolak, diantaranya maksud dan tujuan tidak jelas, ketidaksinkronan, terlalu ambisius, peneliti tdk cukup memiliki latar belakang, problem tdk begitu penting, informasi tdk cukup, analisis data tdk cukup dan  detail penjadwalan tdk realistis, budget dana tidak rinci serta topik sudah diteliti orang lain.

Sesi selanjutnya dilaksanakan pada siang hari, diberikan oleh Prof. I Made Joni. Prof. Made memaparkan tentang Scientific Reporting and Presentasion. Beliau memberikan trik serta cara – cara dalam mebuat jurnal internasional bereputasi serta cara membuat slide presentasi yang menarik. Kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut merupakan kegiatan pendahuluan yang akan berlanjut secara kontinu  sehingga diharapkan dapat diperoleh paper yang diterbitkan di jurnal berputasi.

 

Rilis oleh:
Manajer Bidang Riset, PKM, Inovasi dan Kerjasama
Dr. Nursanti Anggriani, M.Si