Mipa Unpad Training Center (MTC Unpad) merupakan bagian dari laboratorium Aplikasi Kimia dan Pelayanan sebagai penyelenggara pelatihan profesional yang berbasis kompetensi dan sertifikasi mutu, yang berada di bawah tata kelola FMIPA Unpad.

Bermula dengan nama FMIPA Training Center Unpad pada Februari 2020, MIPA Unpad Training Center melaksanakan pelatihan pertama kali di Gedung PPBS Jatinangor sebanyak 84 peserta dengan pelatihan terintegrasi ISO 9001:2015, ISO/IEC 17025:2017 dan K3. Mengacu kepada tridarma perguruan tinggi, bahwa Universitas wajib melaksanakan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. MTC Unpad merupakan salah satu kontribusi dan langkah adaptif FMIPA Unpad dalam pelaksanaan transformasi tridarma perguruan tinggi untuk menyiapkan potensi SDM FMIPA Unpad agar mampu meningkatkan kompetensi dalam kehidupan bermasyarakat maupun industri.

Dengan visi menjadi pusat pelatihan dan pengembangan kompetensi teknis dan manajemen bidang MIPA yang diakui secara profesional, MTC Unpad didukung oleh pemateri dan tutor yang memiliki kompetensi baik dari kalangan Dosen, Peneliti, PLP, serta Praktisi dan alumni yang telah memiliki pengakuan profesional sesuai bidangnya.