Dalam melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro FMIPA Unpad memasang 2 Unit Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya di Jalan Desa Naluk Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018. Jalan Desa Naluk merupakan jalan alternative yang gelap karena tidak adanya PJU sehingga rawan akan kecelakaan dan tindak kriminalitas. Dosen Teknik Elektro sekaligus pembimbing dan Ketua Prodi Teknik Elektro Dr. Mohammad Taufik dalam pernyataannya manyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 41 orang Mahasiswa Prodi Teknik Elektro dan 5 Mahasiswa dari Prodi lain yang ada di Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi dan maslahat bagi masyarakat yang berbasis keilmuan.

Selain Pemasanganan PJU diadakan Pelatihan tentang instalasi listrik yang aman, Budaya hemat energy, dan penggunaan aplikasi computer bagi Aparat Desa dan Karang Taruna Desa Naluk Kabupaten Sumedang pada hari minggu tanggal 16 Desember 2018 yang bertempat di Kantor Desa Naluk Kecamatan Cimalaka. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa beserta Aparat Desa, BPD, tokoh masyarakat dan Karang Taruna Desa Naluk Kecamatan Cimalaka. Dalam Sambutannya Kepala Desa Naluk mengatakan “Selamat Datang kepada Dosen dan Mahasiswa di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, beserta mengucapkan terima kasih telah memasang PJU Tenaga Surya yang akan menerangi Jalan Desa Naluk yang dulunya rawan akan kecelakaan serta rawan akan tindak pidana kejahatan karena jalannya gelap tidak ada penerangan jalan. Sepanjang jalan tersebut akan di buatkan kawasan wisata karena pemandangannya sangat indah dan jalur tersebut ramai di lalui kendaraan. Mudah mudahan dengan di terangi jalan tersebut akan banyak pengguna jalan yang mampir ke kawasan wisata tersebut yang dikelola oleh warga sehingga pendapatan warga semakin meningkat”. Kepala Desa juga mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa dan Dosen Departemen Teknik Elektro yang telah mengadakan Pelatihan bagi Aparat Desa dan Karang Taruna Desa Naluk, mudah mudahan dengan Pelatihan tersebut akan membuka wawasan dan menambah ketrampilan.

Selesai pemasangan listrik pada malam harinya dikunjungi oleh Anggota DPRI RI Komisi VIII Ibu Lilis Santika beliau mengatakan “Sangat berterima kasih kepada Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Unpad yang telah membantu masyarakat Desa Naluk Kecamatan Cimalaka dalam penerangan Jalan, PJU Tenaga Surya ini sangat penting di butuhkan oleh masyarakat”.

Rilis oleh: Departemen Teknik Elektro