Kuliah Tamu dari PT EStrong Nusantara Mandiri : Introduction to Building and Construction Materials

Ilmu Bahan atau yang dikenal dengan material merupakan salah satu bidang peminatan di Departemen Fisika yang banyak mendapatkan perhatian, khususnya pada Prodi S1 Fisika dan Program Magister Fisika. Pada level S1, ada beberapa matakuliah material antara lain Fisika Material, Material Fungsional, Nanomaterial, Teknik Karakterisasi Material, dan Bahan Magnetik & Superkonduktor. Demikian pula pada level S2, ada beberapa mata kuliah material seperti Material Lanjut untuk Aplikasi Lingkungan, Polimer Fungsional, Material Energi, dan lain-lain. Perkembangan material sangat erat hubungannya dengan kemajuan teknologi, sehingga topik ini banyak dikaji oleh staf pengajar fisika dalam rangka penelitian dan menjadi topik skripsi mahasiswa. Bidang ini merupakan ciri khas dan bidang unggulan jurusan Fisika Unpad.

 


Disisi lain, material banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti bahan sensor, bahan optik, bahan optoelektronik, bahan konstruksi dan lain-lain. Selama ini, khususnya di prodi Fisika hubungan atau komunikasi antara dunia industri dan akademik, khususnya dalam bidang material sangatlah minim. Perguruan Tinggi tidak mengetahui permasalahan bidang material di lingkungan industri. Dan sebaliknya, dunia industri tidak mengetahui bahwa ada pengembangan material di perguruan tinggi. Berdasarkan kondisi tersebut, kami mengundang Direktur PT EStrong Mandiri yang sedang mengembangkan material konstruksi untuk menjadi dosen tamu pada kuliah material guna memaparkan material yang digunakan dalam bisnis mereka, khususnya pada material konstruksi. Dari hasil presentasi tersebut kami melihat adanya beberapa peluang untuk menjalin komunikasi dengan industri. Beberapa permasalahan dihadapi mereka seperti korosi, kebutuhan coating untuk menahan efek paparan sinar UV, modifikasi permukaan pada material agar tidak mudah mengalami degradasi karena air. Dilain pihak, topik2 tersebut merupakan topik penelitian di Fisika Unpad. Selain untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa, kuliah tamu ini diharapkan akan menginisiasi adanya interaksi antara dunia akademik dengan dunia industri, khususnya yang ada di Indonesia.


Pelaksanaan kuliah tamu sudah berlangsung pada tanggal 23 Februari. Ada sekitar seratus mahasiswa dan beberap staf pengajar Departemen Fisika yang menghadiri kuliah tamu tersebut. Dari kuliah tamu tersebut ada materi dan evaluasi yang diberikan kepada mahasiswa peserta kuliah Material Fungsional dan Polimer Fungsional. (Efa Pardianti, Dep. Fisika FMIPA Unpad, 23/2/2021).