Jasmine Putri Rafifa dari Program Studi Ilmu Aktuaria Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran terpilih menjadi Wisudawan Terbaik Sarjana pada Wisuda Khusus Unpad Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022.  Jasmine lulus kuliah dengan IPK 3.83 dan masa studi 3,5 tahun.

“Pastinya senang dan gak nyangka juga jadi wisudawan terbaik,”ujar Jasmine saat dihubungi Kanal Media Unpad.

Menjadi salah seorang lulusan terbaik, Jasmine menilai predikat ini merupakan amanah di mana ia harus melakukan yang lebih baik lagi. Ia berharap ilmu yang didapat di bangku kuliah dapat diimplementasikan dengan baik di dunia kerja. Jasmine juga berharap dapat membawa nama baik Unpad dimana pun ia berkiprah.

“Harapanku semoga bisa bermanfaat, dan menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan Unpad ke aku sebagai wisudawan terbaik sehingga saya dapat selalu membawa nama baik Unpad, terus memberikan yang terbaik, dan dapat bermanfaat bagi Unpad,” harap Jasmine.

Bagi Jasmine, kuliah di Prodi Ilmu Aktuaria sangat menantang. Ia harus dapat menghitung dengan tepat peluang dan risiko keuangan terutama terkait produk asuransi. Belajar ilmu aktuaria juga membuatnya harus belajar berbagai ilmu seperti statistika, akuntansi, matematika, hingga pemograman.

Jasmine pun berpesan kepada rekan mahasiswa untuk dapat memanfaatkan setiap kesempatan dengan baik sebagai bekal lulus nanti. Ada banyak kesempatan yang dapat diraih mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman, seperti mengikuti magang dan kegiatan kemahasiswaan lain.

Bagi Jasmine, yang terpenting adalah fokus dan mengetahui skala prioritas dari setiap kegiatan yang diikuti. “Kita harus bisa menetapkan skala prioritas kita,” ujar Jasmine.

Meski kuliahnya terbilang padat, Jasmine merasa perlu untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan dan magang untuk menambah kemampuannya.

Di organisasi kemahasiswaan, Jasmine pernah menjadi Kepala Departemen Relasi dan Informasi  Himpunan Mahasiswa Aktuaria Unpad (2019-2021) dan Staff Hubungan Eksternal – BEM FMIPA Unpad (2021). Ia juga aktif di sejumlah kepanitiaan di sejumlah kegiatan di tingkat program studi, fakultas, dan universitas.

Selain itu, selama menjadi mahasiswa Jasmine mengikutii tiga program magang di tiga perusahaan, di antaranya melalui program PMMB BUMN dan Kampus Merdeka.

Jasmine berharap, bekal akademik dan nonakademik selama menjadi mahasiswa itu dapat ia implementasikan dengan baik di dunia kerja. Sejak awal Maret 2022, ia pun telah bekerja di salah satu perusahaan asuransi pada bagian actuarial reinsurance.

“Semoga saya bisa mengimplementasikan ilmu yang saya dapat di kuliah. Ini saatnya saya dapat mempraktikkan apa yang saya dapat dari dunia kuliah ke dunia kerja,” kata Jasmine

Selain itu, Jasmine juga memiliki keinginan untuk mengenalkan ilmu aktuaria ke masyarakat. Menurutnya, masih banyak yang belum mengenal ilmu ini padahal prospek kerjanya sangat baik.

“Saya ingin mengenalkan ke masyarakat karena banyak yang mengira aktuaria ini tentang ikan atau akuarium. Saya ingin mengenalkan bagaimana aktuaria dan prospek aktuaris sebenarnya itu supaya orang-orang bisa lebih paham karena masih banyak orang yang salah paham dengan nama aktuaria ini,” kata Jasmine.(rilis: Artanti Hendriyana)

 

Sumber: unpad.ac.id

https://www.unpad.ac.id/2022/03/jasmine-putri-rafifa-ingin-kenalkan-ilmu-aktuaria-ke-masyarakat/