Dalam rangka proses reakreditasi sistem manajemen mutu Laboratorium Aplikasi Kimia dan Pelayanan Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran (UNPAD), Senin sampai Selasa ( 25 s/d 26 Februari 2019 ) dilakukan asesmen oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Asesmen ini bertujuan untuk menilai kesesuaian penyelenggaraan laboratorium dengan standard SNI ISO/IEC 17025: 2017. Bertindak sebagai kepala tim asesor yaitu Dr.Julia Kantasubrata dan Purnama Laurentina,S.Si. asesor anggota.

Prof. Sudrajat selaku Dekan Fakultas MIPA memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan asesmen didampingi oleh Wakil Dekan Fakultas MIPA Dr.Iman Rahayu bertempat di Ruang Dekanat Fakultas MIPA kampus UNPAD Jatinangor. Diharapkan dengan adanya kegiatan assesmen Laboratorium Pengujian dan Pelayanan Departemen Kimia akan berdampak pada penyelenggaraan laboratorium yang semakin baik.

Rangkaian kegiatan asesmen dimulai dari masing-masing asesor melakukan audit terhadap setiap komoditi sesuai dengan ruang lingkupnya, setiap auditi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim asesmen kemdian dilanjukan dengan diskusi.

Tim asesor mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Laboratorium Pengujian dan Pelayanan dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu sesuai standard SNI ISO/IEC 17025:2017.  Secara umum, laboratorium telah melaksanakan kegiatan pengujian dengan baik, adapun beberapa temuan yang dipotret selama kegiatan assemen dua hari tersebut diharapkan dapat menjadi modal bagi pengelolaan laboratorium untuk terus melakukan peningkatan secara berkelanjutan.

Kepala Laboratorium Pengujian dan Pelayanan Departemen Kimia Jamaludin Al Anshori,MSc.,Ph.D menyampaikan ucapan terimakasih kepada KAN yang telah berkenan melakukan asesmen dalam rangka reakreditasi laboratorium. Banyak hal yang dapat dipelajari selama pelaksanaan assesmen, saran dan masukan tim assesor akan ditindaklanjuti serta dilakukan perbaikan atas temuan-temuan dari tim asesmen sesuai agenda perbaikan yang telah dijadualkan disampaikan oleh Jamaludin Al Anshori,MSc.,Ph.D dalam acara penutupan kegiatan asesmen selama dua hari tersebut.

Rilis oleh: Agus Purwanto