Mahasiswa Progam Studi S1-Kmia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran mendapat juara 2 dalam Lomba Esai Inovatif Student at Home Challenge (SHC) IPB 2020 tanggal 20 April 2020 bertemakan “Pendekatan Multisektor dalam Pengendalian Dampak Wabah COVID-19”. Mahasiswa tersebut adalah Annisa Luthfiah dan Muhamad Diki Permana yang dibimbing oleh dosen Departemen Kimia Fakultas MIPA Unpad Dr. Diana Rakhmawaty Eddy, M.Si.

Esai inovatif yang diangkat oleh tim tersebut adalah “OPTIMALISASI APD (Alat Pelindung Diri) MEDIS MENGGUNAKAN NANOPARTIKEL SEBAGAI SELF-CLEANING DAN ANTIVIRAL”. Diki memaparkan bahwa nanopartikel digunakan sebagai  yang dapat mematikan virus maupun bakteri hanya dengan menggunakan sinar matahari. Penggunaan fotokatalis ini sangat ramah untuk lingkungan dibandingkan menggunakan desinfektan alkohol sebagai agen pembunuh virus.

Annisa juga menjelaskan bahwa penggunaan nanopartikel sebagai self-cleaning dan antiviral yang di-coating-kan ke dalam APD medis mampu meningkatkan kualitas APD dan membuat APD dapat digunakan berulang kali (reusable), sehingga kebutuhan jumlah APD dapat dikurangi serta meningkatkan keamanan dan keselamatan tenaga medis dalam menangani COVID-19. Harapannya ialah gagasan dapat diterapkan sehingga angka kematian dan angka tenaga medis yang terpapar dapat dihindari.

SHC IPB 2020 merupakan acara yang digelar oleh IPB University. Lomba esai inovatif ini diikuti oleh 1.513 karya yang berasal dari 139 Perguruan Tinggi. Gelaran acara ini digagas untuk menghasilkan karya – karya inovatif mahasiswa di tengah masa krisis COVID-19.

Rilis oleh: Manajer Bidang Akademik dan Kemahasiswaan