Staf Dosen Departemen Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran telah mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berlokasi di Kantor Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang tanggal 30 Desember 2019 pk 9.30-11. Kegiatan PKM ini merupakan realisasi kepedulian para akademisi kepada masyarakat di lingkungan sekitar kampus Unpad, khususnya di Jatinangor untuk bersama-sama membantu masyarakat dalam memberikan layanan pendidikan anak usia dini. Bentuk kegiatan berupa penyerahan bantuan sarana pendukung pelaksanaan pendidikan pada PAUD Family di Dusun Cikuda dan Taman Baca Bina Keluarga Balita Merpati VI di Dusun Sukawening Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor.

Penyerahan bantuan dilaksanakan oleh para dosen Departemen Matematika yang secara simbolis diwakili oleh Prof. Dr. Budi Nurani R., MS dan diterima oleh Bapak Dede Sumitra, SE selaku Kepala Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor. Selanjutnya, bantuan diteruskan kepada  Ibu Hj. Enok Juariah sebagai pengelola Taman Baca Bina Keluarga Balita Merpati VI dan Ibu Rohaeni sebagai pengelola PAUD Family disaksikan oleh Ketua RW 06 Dusun Sukawening, Staf Kantor Desa Hegarmanah serta para Dosen Departemen Matematika FMIPA Unpad. Selain itu kegiatan ini juga di saksikan oleh Eni Sumarni Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

Bantuan yang diberikan untuk Taman Baca Bina Keluarga Balita Merpati VI Dusun Sukawening berupa 6 unit meja belajar, 3 buah karpet, dan bantuan dana operasional sebesar Rp. 1 juta rupiah. Sedangkan bantuan untuk Paud Family Dusun Cikuda berupa 2 buah lemari buku dan bantuan dana operasional PAUD senilai Rp. 1 juta rupiah.  Dalam sambutannya, Prof. Dr. Budi Nurani R., MS mengharapkan bantuan tersebut dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan anak usia dini yang telah dibina dengan baik oleh para pengelola PAUD maupun Taman Bacaan. Lebih lanjut dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan diantaranya berupa pembinaan  pengelolaan perpustakaan lanjutan untuk lingkungan PAUD serta Taman Baca yang akan dilaksanakan oleh para Dosen Departemen Matematika FMIPA Unpad.

Kepala Desa Hegarmanah dalam sambutannya menyatakan ungkapan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang dibangun oleh para akademisi untuk pengembangan kegiatan pendidikan di lingkungan Desa Hegarmanah. Hal yang sama disampaikan oleh  Pengelola PAUD Family yang telah berdiri sejak tahun  2008 dan Taman Baca yang didirikan beberapa tahun yang lalu. Kedua Pengelola Pendidikan Anak di lingkungan Desa Hegarmanah menyampaikan harapan bahwa kegiatan PKM seperti yang dilakukan oleh Departemen Matematika FMIPA Unpad dapat dilaksanakan oleh departemen lain di lingkungan Unpad, sehingga sinergi antara kegiatan masyarakat dan akademisi dapat dijalin lebih kuat untuk bersama-sama mengembangkan kegiatan pendidikan bagi anak-anak sebagai penerus bangsa.

Grissi Faradilla Staf Desa Hegarmanah mengatakan “sangat berterima kasih kepada Unpad khususnya kepada Departemen Matematika FMIPA yang telah membantu PAUD dan Taman Bacaan semoga ini dapat memberikan manfaat dan semangat bagi siswa dan siswi serta para guru dalam proses belajar mengajar”.

Agus Purwanto SAB. masyarakat Hegarmanah mengatakan “berterima kasih kepada Departemen Matematika FMIPA Unpad yang telah membantu masyarakat Hegarmanah Jatinangor mudah mudahan kegiatan ini dapat terus berkesinambungan sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara Unpad dan masyarakat Hegarmanah Kecamatan Jatinangor”.

Rilis oleh: Agus Purwanto