Pada 12 – 17 Desember 2019, Tim penelitian AMIRA yang terdiri dari Dr. Setiawan Hadi, Sc.CS, Mira Suryani, M.Kom, dan Gilang Nusantara Barry Putra melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di SMA Al-Ma’soem, Rancaekek. Kegiatan PPM ini merupakan salah satu kegiatan hilirisasi hasil riset yang berkaitan dengan pelestarian aksara sunda melalui teknologi. Kegiatan PPM diterima dengan baik oleh Bapak Deni Purwadi, M.Pd selaku kepala sekolah dan Bapak Riki Nawawi, S.Hum selaku guru Bahasa Sunda.

Dalam kegiatan tersebut diperkenalkan aplikasi Aksara AR ke siswa kelas X, XI, dan XII sebanyak ± 120 siswa yang tergabung ke dalam Catrik Al-Ma’soem (Class of Ancient Manuscript of Al-Ma’soem). Aplikasi Aksara AR merupakan aplikasi mobile untuk mengenal aksara Sunda Kuno Abad XV berbasis Teknologi Augmented Reality. Terdapat fitur Scan Kartu AR yang menampilkan bentuk silabis aksara pada layar handphone, memunculkan suara dari silabis, dan kategori dari silabis. Selain itu terdapat fitur untuk mengetes kemampuan mengenai aksara melalui fitur kuis.

Implementasi aplikasi Aksara AR sebagai media pembelajaran ini antusias dipelajari dan digunakan oleh siswa. Selain mencoba, siswa juga memberikan saran dan masukan untuk pengembangan aplikasi yang lebih baik. Begitu pula harapan kami, semoga aplikasi ini dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran inovatif sekaligus melestarikan budaya yang dimulai dari sekolah-sekolah. Aplikasi Aksara AR ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan fitur yang lebih lengkap dan data yang lebih banyak.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini harapannya sekolah-sekolah dengan muatan lokal Bahasa Sunda dapat terus melestarikan budaya dan Bahasa Sunda melalui pembelajaran-pembelajaran menyenangkan salah satunya dengan pemanfaatan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman.

Sekolah Al-Ma’soem sendiri dipilih karena keistimewaannya memiliki peminatan penulisan aksara Sunda yang sudah sangat jarang atau mungkin tidak ada di sekolah lainnya.

Menurut  Dr. Setiawan Hadi Sc.Cs. “Kegiatan ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Harapan dan tujuan dari kegiatan ini adalah (1) semakin banyak orang yang menyadari bahwa aksara Sunda sebagai warisan budaya dan perlu dilestarikan (2) proses pembelajaran aksara Sunda yang dilakukan secara modern dengan teknologi 4.0 yaitu Augmented Reality diharapkan lebih menarik siswa untuk mempelajari dan memahami aksara Sunda (3) universitas institusi pendidikan diharapkan lebih memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam bentuk pengabdian yang relevan dengan ilmunya”.

Menurut Mira Suryani, M.Kom, “SMA Al Ma’soem dipilih dalam konteks (1) adanya pelajaran aksara Sunda, sehingga memudahkan sosialisasinya (2) distribusi siswa yang seragam sehingga sosialisasi aksara Sunda bisa lebih luas (3) kesiapan sekolah menanggapi perkembangan teknologi  yang mempermudah proses implementasi aplikasi yang dikembangkan (4) lokasi yang masih satu daerah di Jatinangor”.

Menurut Bapak Deni Purwadi, M.Pd  selaku Kepala Sekolah SMA Al Ma’soem “Selamat datang kepada Tim Dosen Teknik Informatika dan Mahasiswa Unpad semoga kegiatan ini membawa manfaat yang psositif bagi siswa kami dan siswa kami akan mengenal akan aksara sunda serta kedapanya semakin mencintai akan kebudayaan sunda”.

Rilis oleh: Agus Purwanto